Contoh Soal Try Out Bahasa Indonesia Kelas Vi 2018



 Contoh Soal Try Out Bahasa Indonesia Kelas VI 2018

Sesuai Kisi-Kisi


Manfaat Penanaman Mangrove
Mangrove merupakan jenis tumbuhan yang mempunyai sistem perakaran yang kompleks, rapat, dan lebat. Mangrove sanggup memerangkap sisa-sisa materi organik dan endapan yang terbawa ke laut. Akar pohon mangrove sanggup menjaga pinggiran pantai dari ancaman erosi. Selain itu, mangrove juga ikut memperbaiki buruknya ekosistem di wilayah pantai dan tambak. Dengan demikian, menanam mangrove di sepanjang garis pantai merupakan upaya mengatasi duduk kasus abrasi.
Hutan mangrove mempunyai tiga fungsi utama, yaitu fungsi fisik, fungsi biologis, dan fungsi sosial ekonomi. Secara fungsi fisik, mangrove tak hanya melindungi pantai dari erosi saja, melainkan juga menjaga garis pantai semoga tetap stabil dan mengurangi risiko akhir dampak tsunami. Fungsi mangrove secara biologis, yaitu sebagai habitat organisme biota bahari yang hidup di padang lamun atau terumbu karang. Selain itu, mangrove berperan sebagai sumber keanekaragaman bagi hewan, tumbuhan, dan mikroorganisme. Dalam hal sosial ekonomi, mangrove berfungsi sebagai sumber mata pencarian, tempat wisata alam, serta objek pendidikan dan penelitian.

      1.       Kalimat utama pada paragraf pertama yaitu ...
a.       Mangrove merupakan jenis tumbuhan yang mempunyai sistem perakaran yang kompleks, rapat, dan lebat.
b.      Mangrove sanggup memerangkap sisa-sisa materi organik dan endapan yang terbawa ke laut.
c.   Selain itu, mangrove juga ikut memperbaiki buruknya ekosistem di wilayah pantai dan tambak.
d.  Dengan demikian, menanam mangrove di sepanjang garis pantai merupakan upaya mengatasi duduk kasus abrasi.
      2.       Ide pokok pada paragraf kedua yaitu ...
a.       Mangrove mempunyai fungsi sebagai habitat organisme biota laut.
b.      Fungsi mangrove mencakup fungsi fisik, fungsi biologis, dan fungsi sosial ekonomi.
c.       Mangrove sebagai sumber ekonomi warga.
d.      Mangrove sanggup dijadikan tempat wisata.
      3.       Simpulan isi paragraf pertama yaitu ...
a.       Mangrove merupakan jenis tumbuhan bakau.
b.      Mangrove sanggup mencegah abrasi.
c.       Mangrove sebagai tempat wisata.
d.      Mangrove merupakan habitat hidup biota laut.
      4.       Pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf kedua yaitu ...
a.       Mangrove sanggup merangkap sisa-sisa materi organik.
b.      Mangrove sanggup mencegah abrasi.
c.       Mangrove sebagai habitat organisme biota laut.
d.      Mangrove sanggup mencegah kerusakan ekosistem laut.

Bacalah paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 5 dan 6!
Indonesia mempunyai kekayaan yang begitu melimpah. Tidak hanya suku bangsa yang beraneka ragam, tetapi juga kekayaan sumber daya alam. Hal ini dikarenakan Indonesia mempunyai sumber daya alam yang sanggup dimanfaatkan manusia. Tak heran jikalau mata pencarian di aneka macam kawasan beragam.
      5.       Kalimat tanya yang sesuai dengan isi paragraf yaitu ...
a.       Apa yang menjadikan mata pencarian di aneka macam kawasan di Indonesia beragam?
b.      Kekayaan alam apa yang paling banyak dimiliki oleh bangsa Indonesia?
c.       Bagaimana Indonesia sanggup mempunyai kekayaan alam yang melimpah?
d.      Apa saja mata pencarian bangsa Indonesia?

(Baca juga: Unduh Kumpulan Soal US/M SD Kelas VI Lainnya )
      6.       Alasan mengapa beberapa kawasan di Indonesia mempunyai mata pencarian yang bermacam-macam adalah …
a.       Adanya banyak pulau di Indonesia sehingga mata pencarian penduduk beragam.
b.      Indonesia mempunyai kekayaan alam yang begitu melimpah sehingga mata pencarian penduduk berbeda-beda.
c.       Setiap pulau di Indonesia mempunyai kekayaan alam yang melimpah sehingga mata pencarian penduduknya sama.
d.      Adanya kekayaan alam yang sama sehingga mata pencarian penduduknya satu jenis.
      7.       Bacalah teks berikut!
Acara tahun gres selalu dirayakan dengan meriah. Acara tahun gres tersebut biasanya diselenggarakan di lapangan terbuka dengan menggelar konser dan menyalakan kembang api. Banyak orang-orang yang tiba ke lapangan untuk merayakan tahun gres bersama. Namun, kemeriahan tahun gres tersebut tidak diimbangi dengan kesadaran para pengunjung untuk menjaga kebersihan lapangan. Akibatnya banyak sampah makanan dan minuman yang tertinggal sesudah perayaan tahun gres tersebut.
Berdasarkan bacaan tersebut, penyebab banyaknya sampah yang tertinggal di lapangan yaitu ...
a.       Pengunjung tidak membuang sampah dikala meninggalkan lapangan.
b.      Pengunjung membawa makanan dan minuman sembari menunggu datangnya tahun baru.
c.       Pengunjung memeriahkan tahun gres dengan bernyanyi bersama dikala konser.
d.      Petugas kebersihan lapangan tidak membersihkan sampah di lapangan alasannya yaitu libur.
      8.       Bacalah teks berikut!

Kolintang dan gambang merupakan alat musik tradisional yang sama-sama terbuat dari kayu dengan bentuk memanjang. Kolintang berasal dari Minahasa, Sulawesi Utara, sedangkan gambang berasal dari wilayah Jawa. Sekilas, kedua alat musik tradisional ini terlihat sama. Kolintang dan gambang dimainkan dengan cara dipukul. Jika kolintang dipukul, akan menghasilkan nada yang lebih bervariasi dan lebih lengkap daripada gambang. Kolintang mempunyai tiga pemukul, sedangkan gambang hanya dua pemukul. Kolintang biasanya hanya dipakai untuk memainkan lagu-lagu tradisional dikala upacara sopan santun atau sebagai musik iringan tari. Gambang pada umumnya dimainkan bersama dengan alat musik gamelan lainnya untuk mengiringi tari, wayang, atau acara-acara adat.



Informasi penting yang sempurna untuk melengkapi tabel terebut yaitu ...
a.       (a) nama alat musik, (b) kolintang, (c) dipukul memakai dua alat pemukul, (d) Jawa, dan (e) dimainkan bersama dengan alat musik gamelan lainnya untuk mengiringi tari, pertunjukan wayang, atau acara-acara sopan santun lainnya.
b.      (a) kawasan asal, (b) kolintang, (c) dipukul memakai tiga alat pemukul, (d) Jawa, dan (e) dimainkan bersama dengan alat musik gamelan lainnya untuk mengiringi tari, pertunjukan wayang, atau acara-acara sopan santun lainnya.
c.       (a) ciri-ciri, (b) gambang, (c) dipukul memakai tiga alat pemukul, (d) Jawa, dan (e) dimainkan bersama dengan alat musik gamelan lainnya untuk mengiringi tari, pertunjukan wayang, atau acara-acara sopan santun lainnya.
d.      (a) kawasan asal, (b) gambang, (c) dipukul memakai tiga alat pemukul, (d) Jawa, dan (e) dipakai untuk memainkan lagu-lagu tradisional dikala upacara sopan santun atau sbagai musik iringan tari.

Bacalah paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 9 dan 10!
Bunga kelelawar hitam termasuk tumbuhan umbi-umbian. Hal ini alasannya yaitu tumbuhan ini menyimpan cadangan makanan di akarnya. Cadangan makanan tersebut disebut umbi akar. Tanaman tersebut berkembang biak dengan rimpang atau biji. Selain itu, tumbuhan ini mempunyai “sayap” dan “kumis”. Maka dari itu, bunga kelelawar hitam termasuk tumbuhan yang unik dan menarik sehingga harus dijaga kelestariannya.
      9.       Makna kata yang bercetak miring pada paragraf tersebut yaitu ....
a.       berbeda dengan yang lain
b.      memiliki ciri khas secara umum
c.       mirip dengan tumbuhan bunga lainnya
d.      memiliki persamaan dengan tumbuhan lain
  10.       Antonim dari kata dijaga pada paragraf tersebut yaitu ....
a.       diawasi
b.      dipelihara
c.       dilindungi
d.      ditakacuhkan

(Baca juga:
20 Soal Menentukan Ungkapan atau Idiom Berdasarkan Cerita Ilustrasi)


  11.       Bacalah percakapan berikut!
Risha     : “Fan, kau tahu tidak, kapan UTS akan dilaksanakan?”
Fani       : “Aduh, maaf Ris, saya kurang tahu. Coba kau tanya Ina, mungkin ia lebih tahu.”
Ina         : “Ada apa teman-teman?”
Fani       : “Risha tanya, kapan UTS akan dilaksanakan?”
Ina     : “Oh, pelaksanaan UTS. Berdasarkan informasi di mading, UTS akan dilaksanakan bulan depan.”
Rishi      : “Wah, berarti sebentar lagi, ya!”
Topik percakapan tersebut yaitu ….
a.       persiapan menjelang UTS
b.      rencana mencar ilmu menjelang UTS
c.       pemberitahuan pelaksanaan UTS
d.      pemberitahuan jadwal pelajaran di UTS
  12.       Perhatikan iklan berikut!
JUAL CEPAT
Video game PS2
Kondisi bagus, lengkap dus dan joystick
Hub. Reza
Tlp. 086345678
Kalimat yang sesuai dengan isi iklan tersebut yaitu …
a.       Reza ingin menjual secara cepat Video Game PS2. Kondisi Video Game tersebut masih bagus, serta dilengkapi dengan dus dan joystick. Jika ada yang berminat, sanggup menghubunginya di 086345678.
b.      Reza ingin menjual Video Game PS2. Kondisi Video Game tersebut masih elok alasannya yaitu masih dilengkapi dengan dus dan joystick. Jika ada yang berminat, sanggup menghubungi istrinya di 086345678.
c.       Reza ingin menjual tidak cepat-cepat Video Game PS2. Kondisi Video Game tersebut kurang begitu elok alasannya yaitu masih dilengkapi dengan dus dan joystick. Jika ada yang berminat, sanggup menghubunginya di 086345678
d.      Reza ingin menjual secara cepat Video Game PS2. Kondisi Video Game tersebut masih lengkap alasannya yaitu masih dilengkapi dengan dus dan joystick. Jika ada yang berminat, sanggup menghubunginya di 086345678
  13.       Bacalah laporan berikut!
HASIL LAPORAN PENGAMATAN
Nama pengamat            : Dewa Sanditiya
Objek pengamatan        : Tanaman Cabai
Waktu pengamatan       : 10-25 September 2015
Hasil pengamatan         : Pada hari kedua, muncul akar pada biji cabai. Lalu, pada hari kelima tinggi batang sudah mencapai 3 cm. Hari ketujuh, batang sudah tumbuh setinggi 5 cm. Hari kesembilan, muncul dua pucuk daun dan tinggi batang sudah mencapai 8 cm. Hari ke-12, tinggi batang sudah 12 cm. Hari ke-15, ketinggian batang flora cabe sudah mencapai 17 cm disertai munculnya enam pucuk daun.
Isi laporan tersebut yaitu …
a.       Pengamatan terhadap pertumbuhan batang cabe selama 10 hari.
b.      Pengamatan terhadap pertumbuhan tumbuhan cabe selama 15 hari.
c.       Pengamatan terhadap jumlah daun tumbuhan cabe selama dua minggu.
d.      Pengamatan terhadap pertumbuhan batang tumbuhan cabe selama seminggu.



Bacalah paragraf intruksi berikut untuk menjawab soal nomor 14 dan 15!
Rudi sangat pandai menciptakan layang-layang. Layang-layang buatan Rudi unik dan lucu. Ia menjelaskan cara menciptakan layang-layang. Pertama, teladan layang-layang dibentuk dari bambu tipis. Kedua, teladan dihubungkan dan diikat dengan benang. Ketiga, teladan diletakkan di atas kertas kemudian teladan dijiplak. Keempat, penggalan kerangka teladan dilem pada kertas. Kelima, penggalan tengah layang-layang sanggup diberi hiasan berupa gambar-gambar yang menarik dan diberi warna.
  14.       Tanggapan yang sesuai dengan paragraf intruksi tersebut yaitu …
a.       Pola layang-layang, sebaiknya dibentuk dari kayu yang berpengaruh semoga tidak gampang patah.
b.    Bagian kerangka teladan sebaiknya dilem pada kertas dengan rapi semoga lebih terlihat indah.
c.    Hiasan sanggup digambar di penggalan depan dan belakang kertas memakai krayon semoga terlihat ramai.
d.      Bagian tengah layang-layang sebaiknya tidak diberi hiasan semoga tidak merobek kertas yang tertempel.
  15.       Pernyataan yang sesuai dengan paragraf intruksi tersebut yaitu …
a.       Rudi menebang bambu sendiri untuk menciptakan layang-layang.
b.      Pola layang-layang direkatkan pada kertas memakai lem kayu.
c.       Rudi mengkreasikan layang-layang menjadi bentuk yang unik dan lucu.
d.      Layang-layang buatan Rudi dibentuk untuk dijual kepada teman-teman Rudi di sekolah.


Unduh Soal Try Out Bahasa Indonesia Kelas VI 2018


Soal try out bahasa Indonesia kelas VI 2018 di atas secara lebih lengkap (soal nomor 1 - 50) sanggup diunduh DI SINI beserta kunci jawabannya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

20 Soal Melengkapi Pantun – Kisi-Kisi Us/M Sd/Mi

Cerita Ilustrasi Peribahasa Sambil Menyelam Minum Air

Soal Menyusun Kalimat Menjadi Paragraf Yang Padu