Bahasa Pengumuman Cpns

Sudah menjadi hukum jikalau surat dinas atau surat resmi dari suatu instansi harus menggunak Bahasa Pengumuman CPNS
oleh: Andi Dwi Handoko
dimuat Solopos edisi Kamis, 25 November 2010

Sudah menjadi hukum jikalau surat dinas atau surat resmi dari suatu instansi harus memakai bahasa yang baku dan resmi.

Namun, agak ironis dikala kita memperhatikan beberapa pengumuman registrasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang dikeluarkan masing-masing pemerintah kabupaten/kota beberapa waktu lalu. Penggunaan bahasa pengumuman CPNS tersebut pada umumnya masih memakai beberapa bentuk dan ejaan yang tidak baku.

Misalnya, penulis mengambil sampel pengumuman CPNS di Kota Solo. Di pengumuman tersebut terdapat sebuah persyaratan yang ditulis “Foto copy ijazah dan transkrip nilai dilegalisir dan/atau ijazah/sertifikat profesi yang dipersyaratkan”. Ada dua kata yang salah dalam kutipan tersebut, yakni penulisan “foto copy” dan “dilegalisir”. Kata “foto copy” dalam kutipan pengumuman tersebut tidak baku alasannya yaitu penulisan serapan unsur gila yang salah. Pembenaran bentuk tersebut seharusnya yaitu “fotokopi”.

Penggunaan kata “dilegalisir” juga salah alasannya yaitu tidak baku. Seharusnya kata tersebut diganti dengan kata “dilegalisasi”. Bentuk tersebut berasal dari kata “legalisasi”. Kata “legalisasi” berarti proses pelegalan atau pengesahan. Hal ini sanggup dibandingkan dengan penggunaan “minimalisasi”, “inventarisasi”, “akomodasi”, dan sebagainya. Akan tetapi, dalam masyarakat masih sering ditemukan penggunaan kata “minimalisir”, “inventarisir”, dan “akomodir” yang bersama-sama tidak tepat.

Surat resmi dari suatu instansi pemerintah sanggup menjadi referensi penggunaan bahasa baku dan resmi bagi masyarakat. Oleh alasannya yaitu itu, penggunaan bahasanya harus berpedoman pada hukum tata bahasa yang berlaku, yakni sesuai KBBI, ejaan yang disempurnakan (EYD) dan Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia.

foto dari: foto.antarajatim.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

20 Soal Melengkapi Pantun – Kisi-Kisi Us/M Sd/Mi

Cerita Ilustrasi Peribahasa Sambil Menyelam Minum Air

Soal Menyusun Kalimat Menjadi Paragraf Yang Padu