Dukung Kegiatan Kota Hijau

 Perilaku insan yang kebablasan mengeksplorasi bumi yaitu salah satu penyebabnya Dukung Program Kota Hijau
oleh: Andi Dwi Handoko

Bumi semakin panas. Cuaca kian tindak menentu. Musim pun kian membingungkan manusia. Bumi terancam dengan global warming. Perilaku insan yang kebablasan mengeksplorasi bumi yaitu salah satu penyebabnya.

Bangunan-bangunan yang sembrono dibangun tanpa hukum tata ruang publik berdampak mengurangi daya serap tanah. Jatah tanah untuk pohon-pohon semakin berkurang, terutama di kota-kota besar. Akibatnya, kota menjadi panas.

Usulan Wali Kota Solo, Joko Widodo untuk membangun Kota Solo menjadi Kota Hijau patut menerima apresiasi. Sebagai langkah awal, diadakan proyek pagar hidup, yakni mengganti pagar beton dengan pagar tanaman. Kalaupun pagar beton sayang untuk dirobohkan, ada alternatif untuk memberi tumbuhan rambat pada pagar tersebut. Selain itu, tentu yang terpenting yaitu kesadaran masyarakat dalam merawat dan menyayangi pohon serta lingkungan sekitarnya.

Semoga agenda ini berjalan mulus dan sukses biar menjadi referensi bagi kota-kota lainnya. Dengan begitu, kota-kota akan hijau sehingga sanggup meminimalisasi global warming.

gambar dari: bangfiko.web.id

Komentar

Postingan populer dari blog ini

20 Soal Melengkapi Pantun – Kisi-Kisi Us/M Sd/Mi

Cerita Ilustrasi Peribahasa Sambil Menyelam Minum Air

Soal Menyusun Kalimat Menjadi Paragraf Yang Padu