Menjadi Pahlawan

 Memperingati Hari Pahlawan seharusnya tidak hanya sekadar perayaan seremonial saja Menjadi Pahlawan
Andi Dwi Handoko

Memperingati Hari Pahlawan seharusnya tidak hanya sekadar perayaan seremonial saja. Ya, tentu kita mesti mengenang dan menghargai jasa para pahlawan, tetapi perlu juga untuk diwujudkan dalam bentuk yang konkret.

Pahlawan tidak hanya sekadar penghargaan atau nama saja. Akan tetapi, jagoan memiliki arti sakral yang berkaitan dengan jasa seseorang yang sangat berarti di masyarakat. Mencari jagoan di masa modern cukup langka. Rakyat bergotong-royong punya jagoan yang patut dibanggakan, yaitu wakil rakyat. Namun, para wakil rakyat tersebut tak bisa untuk menjadi jagoan untuk dirinya sendiri. Mereka tak bisa untuk menahan hawa nafsu yang berlebih.

Rakyat menentukan wakilnya untuk menjadi pahlawan. Tapi yang terjadi malah sebaliknya, wakil rakyat menjajah rakyat. Rakyat masih miskin, tertimpa banyak sekali musibah, pendidikan masih mahal, tetapi para wakilnya malah sibuk menyenangkan diri sendiri, pelesir ke luar negeri, atau sibuk mencari celah menciptakan gedung megah lengkap dengan spa dan bak renang.

Sungguh ironis memang. Kita sebagai insan harus mengoreksi diri kita sendiri. Sudah saatnya memulai untuk menjadi jagoan untuk memerangi nafsu sesat eksklusif untuk lalu menjadi jagoan di masyarakat. Entah jagoan di bidang apa pun.

gambar dari: karikatur-selebriti-indonesia.blogspot.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

20 Soal Melengkapi Pantun – Kisi-Kisi Us/M Sd/Mi

Cerita Ilustrasi Peribahasa Sambil Menyelam Minum Air

Soal Menyusun Kalimat Menjadi Paragraf Yang Padu