Mudik, Jangan Bawa Saudara Ke Kota

 Mudik yakni sebuah rutinitas tahunan yang sudah mentradisi di Indonesia Mudik, Jangan Bawa Saudara ke Kota
Mudik yakni sebuah rutinitas tahunan yang sudah mentradisi di Indonesia. Persebaran ekonomi yang timpang antara desa dan kota merupakan salah satu penyebab tradisi mudik. Mereka yang dari desa berbondong-bondong ke kota untuk bekerja. Pada dikala Idulfitri mereka pulang ke kawasan masing-masing untuk bertemu dengan sanak keluarga.

Setiap habis Lebaran, hampir dipastikan jumlah penduduk kota-kota besar khususnya Jakarta akan meningkat. Hal ini dikarenakan orang-orang yang pulang kampung ke desa sering kali membawa sanak saudaranya ke kota untuk bekerja. Urbanisasi pun berjalan, dan kota yakni yang terkena dampaknya alasannya yakni semakin padat. Iming-iming dan dongeng bahwa ada banyak lowongan kerja di kota yakni bujuk rayu untuk orang-orang desa yang mendambakan pekerjaan layak di kota. Padahal kalau tak memiliki kualifikasi keahlian yang berkualitas, dapat jadi mencari kerja di kota sama juga susahnya dengan di desa.

Untuk mencegah kepadatan penduduk di perkotaan. Alangkah bijaknya kalau pemudik tidak mengajak sanak saudaranya untuk bekerja di kota. Biarkan mereka sebagai putra-putri kawasan bekerja dan berkarya di wilayahnya masing-masing semoga pemerataan ekonomi antara kota dan desa tidak terlalu timpang.

Andi Dwi Handoko
gambar dari: http://cisthouse.com/tips-mudik-aman/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

20 Soal Melengkapi Pantun – Kisi-Kisi Us/M Sd/Mi

Cerita Ilustrasi Peribahasa Sambil Menyelam Minum Air

Soal Menyusun Kalimat Menjadi Paragraf Yang Padu