Uang Palsu Merebak Jelang Lebaran

 Jelang Idulfitri ada banyak yang mesti diwaspadai masyarakat Uang Palsu Merebak Jelang Lebaran
oleh: Andi Dwi Handoko
Jelang Idulfitri ada banyak yang mesti diwaspadai masyarakat, ibarat masakan kedaluwarsa, daging gelonggongan, perampokan, hingga uang palsu. Menjelang Idulfitri biasanya transaksi uang di masyarakat semakin intensif sehingga arus peredaran uang semakin besar. Tak pelak jikalau kesempatan ini dipakai para pelaku kriminal untuk mengedarkan uang palsu.

Selama ini biasanya uang palsu yang beredar yakni uang kepingan besar mulai Rp 10.000 hingga Rp 100.000. Namun tak menuntut kemungkinan uang kepingan di bawahnya juga dipalsukan. Apalagi kini menjamur para penjual jasa tukar uang yang biasanya beroperasi di jalanan. Hal ini patut diwaspadai alasannya yakni dapat saja hal itu adaah bab dari praktik peredaran uang palsu.

Masyarakat harus hati-hati dan jeli dengan uang yang diterimanya. Sebagai tips mudah, sebaiknya kita ingat tawaran dari pemerintah yakni memastikan uang dengan 3D (Dilihat, Diraba, dan Diterawang). Selain itu, sebaiknya masyarakat menukarkan uang di bank alasannya yakni terjamin keasliannya. Terlebih lagi, kewaspadaan masyarakat yakni hal yang sangat diutamakan.

gambar dari: http://www.tribunnews.com/foto/bank/images/uang-palsu1.jpg

Komentar

Postingan populer dari blog ini

20 Soal Melengkapi Pantun – Kisi-Kisi Us/M Sd/Mi

Cerita Ilustrasi Peribahasa Sambil Menyelam Minum Air

Soal Menyusun Kalimat Menjadi Paragraf Yang Padu